Sabtu, 29 Oktober 2011

S K S



 Ada sistem belajar yang sangat sering digunakan remaja masa kini. Hhmmmm gue pun pernah melakukannya. Tapi swear deh.... hasilnya gak memuaskan. Itulah SKS alias Sistem Kebut Semalam!



Ngebut berasal dari kata kebut. Yang berarti terburu-buru. Tau sendirikan, yang namanya buru-buru itu tak berguna. Yang ada malah membuat usaha yang kita lakuin gak maksimal.

Nah, gitu juga dalam pelajaran. Pelajaran yang segitu banyaknya gak mungkin bisa dipahami dalam satu hari. Kenapa? Karena otak dirancang bekerja efisien. Apabila ada pemahaman baru, maka pemahaman lama akan dihapus dan diganti pemahaman yang baru. Pemahaman yang kita peroleh sifatnya bertahap, semakin lama akan semakin bagus. Ini yang disebutkemampuan belajar.

Contohnya kita belajar 15 bab. Kalau dipaksain lima belas bab dipelajari seluruhnya dalam semalam, otak kita akan berusaha memasukkan 15 pemahaman. Kalau gak cukup, jadinya akan kacau, tumpang tindih gak karuan. 

Faktanya sistem kebut semalam sering dikaitkan kepada para pelajar pemalas! Kaum pelajar malas ini sering ketika besok mau ulangan, langsung deh grabak-grubuk. Numpuk buku diatas meja belajar. Berlagak yakin bisa membaca dan memahamin semua. Start dari jam 7 malem sampe jam 12 malem. Gontok-gontokan sama buku pelajaran. Otak dicekcokin sama materi pelajaran. Hasilnya ? biasanya sih pas-pasan dan lebih banyak minimalisnya. He he he.

Keesokan pagi saat di sekolah pun kita akan merasa ngantuk dan kelelahan karena tidur larut malam. Dan hal itu cuman merusak kesehatan. Finally, kerja keras  kita gak terpakai dan berujung pada tindakan menyontek kanan-kiri. Itu sebabnya tindakan menyontek termasuk usaha umum para pelajar masa kini (ooouuhhh fakta yang memalukan...........)

Sebuah riset mengatakan “mempelajari banyak materi dalam waktu semalam bisa jadi kurang efektif, setidaknya jika ingin pengetahuan baru tersebut bisa bertahan lama dalam otal kita”.

Ya udah, daripada menyesal karena usaha yang kita lakuin gak maksimal, lebih baik kita belajar dari pengalaman. Yuuks sama-sama kita tinggalkan cara SKS (Sistem Kebut Semalam). Karena cara ini akan menghambat kita meraih prestasi yang lebih tinggi.

Inilah hal-hal yang harus kamu lakukan untukmenghindari monster SKS, yaitu :

1.       Persiapkan diri. Bisa membuat diri selalu fresh untuk belajar adalah penting!

2.       Jika mendengar kata “Anak-anak, ulangan minggu depan ya..”. kita harus segera siapkan diri. Jangan terhanyut sama hal-hal yang gak penting sehingga membuat lupa belajar.

3.       Sering-sering baca buku pelajaran dan buku catatan! Pahami!

4.       Kalau ada yang hal yang kurang dipahami bisa sesekali nanya sama temen yang terkenal pinter (sama juga bohong kalo nanya sama teman yang terkenal bebal). Sebaliknya jangan pelit kalo kamu cukup pinter. Saat ada temen nanya, terangkan dengan baik. Dengan mengajari temen tentang materi pelajaran yang dia belum ngerti, bisa membuat kita semaki inget pelajaran itu.

5.       Di hari-H ulangan tolong jangan gupek. Percayalah bahwa persiapan belajar kita selama ini sudah matang.jangan lupa berdoa dan jauhin yang namanya buru-buru. Usahain harus FOKUS dan TELITI ngerjain soal.

6.       Serahkan pada Tuhan.......... Kita udah usaha, kita udah berdoa. Sekarang tangan Tuhan yang menentukan hasilnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar