Sabtu, 29 Oktober 2011

Niat Siihh Tapi....... NGANTUK !!

Banyak siswa pelajar yang punya keluhan demikian. Udah niatnye ni belajar, tapi ujung-ujungnye molor dah..



Mungkin kerena kegiatan hari ini padat banget. Habis belajar di sekolah, masih ikutan bimbel di luar, belum lagi kegiatan ekskul (Ekstra Kulikuler) atau acara ngumpul bareng temen. Pastinya sih cuapek, tapi banyak PR yang belum kelar (#gubraks).


Dan ketika udah siap-siap mau belajar.......... “Ooooaaaahhhhheeeemmmm.....”     Ngantuk. Dan ZZzzzzz.......... ketiduran dah di meja belajar. Atau ngelanjutin tidur kasur yang empuk. Nah kalo ini menjadi hambatan setiap hari, kita harus tau gemana cara melawan rasa kantuk itu.

Ini dia RAHASIA melawan kantuk.
1.       Tari napas dalam-dalam dan pelan melalui hidung, kemudian lepaskan napas pelan-pelan melalui mulut. Lakukan ini 3 kali.
2.       Tari napas dalam-dalam dan pelan lewat mulut, kemudian hembuskan napas pelan-pelan lewat hidung. Lakukan ini 3 kali.
3.       Tarik napas lewat hidung secara dalam dan pelan, kemudian lepaskan napas lewat hidung dengan pelan. Lakukan ini 3 kali.

Agar gak mudah ngantuk aturlah posisi duduk siap untuk bekerja atau belajar. Jangan sambil duduk bersandar dan kepala disandarkan. Jangan pula sambil tiduran, sambil peluk guling, hidupin AC atau kipas angin dikamar (cukup pake AC alami aja). Kalo udah terlalu nyantai gini biasanya malah jadi langsung tidur tuh.

Posisi duduk berpengaruh terhadap arah datangnya rasa kantuk. Karena posisi atau gerak tubuh berpengaruh pada kondisi pikiran. Bila kamu duduk bersandar, kondisi pikiran terbawa pada kondisi rileks, atau kondisi siap untuk tidur. Apalagi kalo suasanya ademm... wadoh uenak tenann reekk ... (hahaha)

Buat yang ingin mengalahkan rasa ngantuk harus tau dulu  bahwa mengantuk itu ada polanya. Mungkin saja pada saat kantuk datang pikiran bawah sadar kita segera meningkatkan untuk selalu terjaga. Tapi bila tidak ada keberanian dari kita untuk mematahkan pola kantuk, maka rasa kantuklah yang menang. Bablas tidur..!

Inilah TIPS mencegah rasa ngantuk saat belajar.
  1. Siapkan semangat 45 eh kamsutnya semangat belajar yang membara
  2. Siapkan buku yang dibutuhkan di meja belajar 
  3. And then duduk rapi di kursi meja belajar, sambil baca dan pegang puplen eh pulpen warna untuk menandai hal yang penting di materi buku. 15 menit kemudian.....(biasanya mulai ngantuk) dan.... “hoaaaaammmmm” saatnya bereaksi : PATAHKAN POLA KANTUK KITA!
  4. Saat mata udah 5 watt, kepala udah triping ngangguk-ngagguk ngantuk barat, mulut ngoap ngoep berulang kali.. dan STOOPPP ! ! ! Segera kasih sinyal ke otak. “Wooiiii,, Banguuuunnnn!! BANGUUUNNN ......!!! 
  5. Secara gak langsung kamu merasa sedikit kaget. Namun ini bisa bikin kamu gak ngantuk lagi. Maka inilah kesempatan kamu untuk MELANJUTKAN belajar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar