Kamis, 27 Oktober 2011

Serunya Dunia SMA (1 of 2)

 
Ketika kita meninggalkan masa SMP, kita sering terjangkit firus “Oh-i-miss-my-old-friend”.
Kita hampir selalu beranggapan bahwa SMP adalah masa-masa terindah.

So, kita merasa sedih, kacau lalu muntah karena harus berpisah dengan temen-temen seperjuangan saat menghadapi masa-masa  puber dulu. Gejala ini ditandai dengan kelakuan-kelakuan unyu seperti mengurutkan nama temen-temen kita dari absen pertama sampai terakhir lalu menuliskan nama mereka dikertas buram, atau pergi dari sekolah merantau ke kota lain dan mencari kerja agar sukses dan terkenal lalu bisa bertemu kembali dengan temen-temen SMP tercinta.

Mengapa itu semua dapat terjadi? 

Karena satu hal : kita belum tau SERUNYA DUNIA SMA!


Ibarat kupu-kupu, saat masuk SMA adalah masa dimana kita dianalogika sebagai ulat yang baru keluar dari telur. Kita akan berhadapan dengan dunia baru yang berbeda dari dunia sebelumnya. Kita akan memasuki dunia yang lain. Jadi, kalo kamu tidak tahan, segera lambaikan tangan ke kamera yang telah kami pasang di sudut-sudut ruangan, kami akan segera datang.

Maaf kebanyak bercanda.

Sebaiknya, siapkan langkah-langkah yang harus kita ambil untuk mengawali kesuksesan kita di SMA. Pepatah mengatakan, langkah awal sangat menentukan hasil akhir. Tapi gue gak akan menjelaskan siapakah pepatah itu karena tidak penting. Mungkin saja dia orang asing atau orang Indonesia.   Mungkin juga dia adalah blasteran Indo-Belanda yang pernah barmain di tim junior FC Utrech, dinaturalisasikan oleh Indonesia dan menjadi pujaan wanita-wanita pun gue hgak peduli. Yang akan gue pedulikan dan jelaskan adalah, bagaimana membuat awal yang sempurna, untuk mendapatkan hasil yang sempurna (mengepalkan tangan)!

Satu hal yang harus kita lakukan (menurut gue,kalo kamu tidak setuju, silahkan lakukan cara sendiri) agar dapat mengawali masa-masa SMA ini tanpa terjerumus ke dalam lembah kenistaan dan airmata. Yaitu :
ADAPTASI !

Yeah say,, (ton).  Adaptasi. 

Sekali lagi gue tekankan,berbeda dari dunia-dunia kamu sebelumnya, ketika kamu memasuki duni SMA, jangan merasa semuanya akan semudah kehidupan di SMP. Contoh, jika di SMP dulu kamu adalah cewek/cowok  tercantik/tergagah satu sekolah, di SMA kamu akan menemukan cewek/cowok yang harus kamu akui hidungnya pun lebih cantik daripada muka kamu. Jika dulu kamu adalah siswa terpintar di SMP sehingga kamu disayang guru dan selalu mendapat juara umum selama 3 tahon berturut-turut, di SMA ini kamu akan menemukan siswa yang jenius yang bahkan kalo buang air kecilpun dia akan mengukur kemiringan aliran air seninya yang membentuk parabola menggunaka aturan trigonometri (menandakan dia jago fisika). Atau siswa yang begitu kelar buang air kecil lantas berkata “bahaya nih, gua terlalu banyak mengeluarkan garam, sepertinya jinerja proses reabsorpsi gua kurang begitu baik!” (menandakan dia jago biologi). Atau yang rada ajaib, jika kamu merasa siswa terjelek-terasingkan pada masa SMP, di masa SMA kamu berkesempatan tidak menjadi yang ter- lagi. Karena siswa-siswi sejenis kamu dari berbagai daerah mungkin bergabung di SMA. Dan kamu akhirnya mendapatkan teman yang dapat mengerti dan menerima kamu apa adanya karena nasib kalian sama pada masa lalu. Gue ucapkan selamat kepada siswa-siswi golongan ini.

Bersambung....


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar